Minggu, 04 September 2016

Jenis Makanan Yang Mempercepat Penyembuhan Luka Khitan





Setiap orang yang baru selesai khitan pasti selalu mengharapkan lukanya cepat sembuh. Lama tidaknya luka tersebut sembuh tergantung pada tiap individu yang mendapatkan luka tersebut. Dalam kondisi normal, luka pasca khitan ini bisa sembuh dalam waktu satu sampai dengan dua minggu. Hal itu bisa lebih lama jika individu memiliki penyakit lain seperti gula, atau kencing manis dan penyakit yang lain. Meskipun begitu mereka tetap membutuhkan perawatan yang tidak boleh sembarangan jika ingin cepat sembuh
Untuk membantu proses penyembuhan luka khitan, maka ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi. Berikut ini adalah daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi saat anda dalam masa penyembuhan luka khitan
1. Protein
Selama masa proses penyembuhan setelah khitan tubuh membutuhkan asam amino untuk memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh. Protein adalah sumber nutrisi yang kaya akan asam amino. Selain itu protein juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang bisa membantu memperlambat penyembuhan. Salah satu contoh makanan yang tinggi protein dan baik untuk dikonsumsi selama masa penyembuhan karena luka khitan adalah ikan gabus.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari 100 gram ikan gabus terkandung gizi berupa kalori 69 kalori, protein 25.2 gr, lemak 1.7 gr, phospor 76 mg, kalsium 62 mg, besi 0.9 mg, vitamin A 150 mg, vitamin B 0.04 mg dan air sebesar 69 gr. Dengan tingginya kandungan gizi pada ikan gabus, maka tidak mengherankan bila ikan gabus sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu menu sehari-hari.
selain ikan gabus, sumber asam amino juga bisa di dapat dari mengonsumsi telur ayam. Makanan sumber asam amino lainnya adalah daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak dan kacang panjang.
2. Vitamin C
Bila dibanding jenis vitamin lainnya, maka vitamin C adalah yang paling sering dikonsumsi. Hal ini karena vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh untuk mencegah penyakit. Selain itu vitamin C juga membantu melindungi sel dari radikal bebas serta penting untuk penyembuhan luka. Adapun contoh sumber nutrisi kaya vitamin C misalnya adalah paprika merah, jeruk, lemon, manga, papaya, sayuran hijau, berries, kiwi, brokoli, tomat, ubi-ubian dan kentang panggang.
3. Zat besi
Zat besi mempunyai penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin adalah senyawa dalam sel darah merah yang mempunyai fungsi untuk membawa oksigen ke jaringan. Oksigen ini penting dalam metabolisme sel dan proses penyembuhan setelah khitan. Adapun contoh makanan sumber zat besi yaitu kerang, hati dan bisa juga daging merah.
4. Whole grain
Karbohidrat mengandung glukosa yang penting sebagai sumber energi. Karbohidrat kompleks seperti whole grains, kaya nutrisi yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, selain itu juga mengandung serat yang berperan mencegah dan mengatasi sembelit saat penyembuhan setelah operasi. Adapun makanan sumber whole grains diantaranya adalah roti gandum, nasi merah, sup barley dan oatmeal
Info dan Pendaftaran
Rumah Khitan Modern Pangkalan Bun
Alamat : Jalan Ahmad Yani Km 40. Pangkalan Lada, Kotawaringin Barat, Kalteng
Dody Ari Wibowo 
WA 081255454988
Email : rumahkhitanmodern@gmail.com
Website : www.rumahkhitanmodern.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar