Selasa, 23 Agustus 2016

Tips Perawatan Pasca Khitan



Sebagai orangtua pastinya tidak ingin setelah anak melaksanakan sunat atau khitan, luka pasca sunat tidak sembuh-sembuh dan malah muncul masalah baru, seperti bengkak, luka tidak kering-kering, bernanah, dan lain-lain. Belum lagi mungkin sang anak malu, karena belum bisa dengan leluasa memakai celana seperti teman-temannya.
Untuk mempercepat penyembuhan luka pasca sunat, berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan:
1.Minum obat Analgesik Secara Teratur. Pasca melakukan proses khitan sebaiknya minumlah obat analgesik (penghilang nyeri) yang diberikan oleh dokter untuk menghindarkan rasa sakit setelah obat anestesi lokal yang disuntikkan habis diserap tubuh. Lakukan hal ini secara teratur sesuai dengan petunjuk dokter yang melakukan khitan atau sunat, umumnya selama 5 sampai 10 hari, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya infeksi pada bekas luka. Umumnya obat anestesi mampu bertahan antara satu jam sampai satu setengah jam setelah disuntikkan. Diharapkan setelah obat bius tersebut habis masa kerjanya maka dapat tergantikan dengan obat Analgesik.
2.Menjaga Area disekitar Alat Vital Tetap Bersih dan Kering. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan luka terinfeksi oleh bakteri atau kuman, karena tempat yang kotor dan lembab merupakan tempat yang sangat baik untuk perkembangan bakteri atau kuman
3.Makan Secara Teratur. Tidak ada pantangan mengkonsumsi makanan tertentu yang khusus untuk pasien sunat atau khitan. Ikan, telur dan daging tidak dilarang untuk dikonsumsi karena hal tersebut hanyalah MITOS yang salah dan banyak berkembang di masyarakat. Karena sebenarnya kandungan vitamin dan protein yang ada dalam makanan tersebut diperlukan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka khitan agar lebih cepat kering. Ikan, telur dan daging hanyalah pantangan bagi mereka yang memang memiliki riwayat ALERGI terhadap makanan tersebut, dengan ciri setiap kali orang tersebut mengkonsumsi makanan tersebut maka menyebabkan reaksi alergi (gatal, bentol, dan lain-lain) dan hal tersebut sudah berlangsung lama semenjak lahir/kecil dan bukan pada saat proses khitan saja. Adapun pedas, mie dan minuman bersoda atau softdrink sebaiknya memang dihindari karena dapat mengganggu kesehatan secara umum, misalnya menimbulkan gangguan pencernaan atau radang tenggorokan yang dapat menurunkan kesehatan pasien secara umum. Hal tersebut akan menghambat proses penyembuhan luka khitan karena konsentrasi kekebalan tubuh jadi terpecah untuk menyembuhkan luka sekaligus mengobati masalah kesehatan yang lain. Jadi ada baiknya selama masa penyembuhan khitan kita tidak memakan makanan yang bisa merugikan kesehatan kita.
4.Jangan Takut atau Khawatir Secara Berlebihan. Orang yang terlalu khawatir atau takut cenderung terhadap luka khitan akan menggunakan berbagai obat ataupun salep secara berlebihan. Hal ini justru sangat tidak dianjurkan karena bisa menjadi kotoran yang berdampak pada infeksi bila tidak rajin dibersihkan. Selama 4-5 hari setelah khitan sebaiknya mandi dengan cara dilap tubuhnya. Setelah waktu itu jika luka khitan sudah kering maka diperbolehkan mandi dengan air seperti biasanya. Berbagai cara sunat modern yang dilakukan sekarang untuk proses khitan seperti sunat laser (electric cauter) ternyata bisa berakibat buruk pada luka yang tidak menutup sempurna. Sampai sekarang proses khitan metode konvensional yang klasik cukup baik disamping juga sunat klamp.
5.Jangan Melakukan Aktifitas yang Berlebihan. Perbanyak istirahat untuk beberapa hari pasca melakukan proses khitan atau sunat sangat dianjurkan untuk menghindari bengkak (oedem) yang berlebihan. Diperbolehkan berjalan dengan catatan hanya seperlunya saja (kecuali sunat klamp). Yang penting jangan melakukan aktifitas yang berlebihan seperti melompat-lompat atau berlari-lari. Hubungan seksual juga sebaiknya ditahan sampai penisnya sembuh total. Jadi, buat Kamu yang melakukan khitan di usia dewasa maka harus ?puasa? dulu selama satu setengah bulan.
Info dan Pendaftaran
Rumah Khitan Modern Pangkalan Bun
Alamat : Jalan Ahmad Yani Km 40. Pangkalan Lada, Kotawaringin Barat, Kalteng
Dody Ari Wibowo 
WA 081255454988
Email : rumahkhitanmodern@gmail.com
Website : www.rumahkhitanmodern.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar