Selasa, 30 Agustus 2016

Apa Itu Fimosis?





Mungkin sebagian besar dari kita masih asing dengan istilah Fimosis ini. Tetapi jika kita membaca keterangan mengenai fimosis tersebut maka kita akan sangat paham dan mengerti bahkan mungkin pernah memiliki anggota keluarga yang mengalaminya. Berikut adalah penjelasan singkat yang akan membantu Anda untuk memperoleh informasi seputar fimosis.
Apa itu Fimosis?
Fimosis adalah kondisi ujung preputium (kulit luar penis) menyempit, sehingga terdapat sisa air kencing yang tertimbun dibagian preputium. Bila kondisi ini dibiarkan pasien bisa mengalami peradangan selain itu anak menjadi sering sakit - sakitan. Secara umum kita dapat mengartikan fimosis sebagai perlekatan kulit khatan yang melingkupi kepala penis sehingga kulit tersebut tidak dapat membuka agar seluruh bagian penis bisa keluar atau terbuka. Umumnya fimosis terjadi pada anak-anak dan akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahnya usia mereka. Tetapi bisa juga terjadi pada pria dewasa, terutama mereka yang tidak disunat. Pada kasus tertentu, hanya bagian lubang kencing yang bisa terbuka, hal ini tidak terlalu menjadi masalah apabila tidak disertai dengan peradangan maupun kesulitan pada waktu buang air kecil. Pada umumnya fimosis merupakan bawaan sejak lahir, tetapi bisa juga terjadi karena infeksi. Oleh karena itu peran tenaga medis dalam mendiagnosa apakah seseorang mengidap phimosis atau tidak tetap dibutuhkan.
Apa saja gejala-gejala fimosis?
Fimosis terjadi karena banyak kotoran yang mengendap di dalam kulup. Bila tidak dibuang, kotoran tersebut bisa menyebabkan bau tak sedap, bahkan infeksi. Kotoran itu antara lain berasal dari sisa urine yang tidak tuntas keluar. Gejala umum yang mungkin timbul pada mereka yang mengalami fimosis adalah kulit khatan berwarna kemerahan, bengkak dan empuk . Dokter biasanya melakukan diagnosa dengan memeriksa bagian tersebut secara teliti.
suatu keadaan dimana ujung prefusium (kulit luar penis) mengalami penyempitan sehingga tidak dapat ditarik ke arah proximal (bawah) melewati glans (kepala penis) yang biasanya dapat mengkibatkan obstruksi air seni. Bila hal ini dibiarkan terus tanpa ada penanganan lebih lanjut akan mengakibatkan peradangan pada penis, ditambah klien yang mengalami fimosis ini akan menderita, karena akan mengalami nyeri bila sdang BAK.
Biasanya yang mengalami fimosis adalah anak-anak kecil, karena biasanya juga bila seriring waktu menjadi dewasa dengan sendirinya preputium yang menyempit dengan sendirinya akan melonggar, tapi pada beberapa kasus fimosis masih tetap berlangsung sampai dewasa.
Info dan Pendaftaran
Rumah Khitan Modern Pangkalan Bun
Alamat : Jalan Ahmad Yani Km 40. Pangkalan Lada, Kotawaringin Barat, Kalteng
Dody Ari Wibowo 
WA 081255454988
Email : rumahkhitanmodern@gmail.com
Website : www.rumahkhitanmodern.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar